Minggu, 02 November 2014

PTK BAB5 DION



BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Pembelajaran dengan metode Cooperative Learning dan Mind Map dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis text descriptive. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata – rata peserta didik  dalam setiap siklusnya yaitu siklus 1 sebesar % siklus 2 % siklus 3 %. Selain itu pembelajaran dengan Cooperative Learning dan Mind Map dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa peserta didik terutama writing yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar mereka dalam setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar  %, siklus II  %, siklus III  %
2.      Penerapan pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map dapat meningkatkan aktivitas dan kreatifitas belajar peserta didik untuk menulis, dimana hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata sikap peserta didik yang mendapatkan kategori A lebih banyak dibanding kategori B. yang menyatakan bahwa mereka tertarik dan berminat dengan pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map, sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
3.      Pengelolaan pembelajaran dikatakan efektif jika nilai rata rata dari hasil pengamatan semua aspek pada setiap siklusnya minimal mencapai kriteria baik ( > 3,5 ) dan nilai rata rata hasil pengamatan mengalami kenaikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I ( 3,57 ) siklus II ( 3,79 ) dan siklus III ( 3,86 )
4.      Ketertarikan peserta didik terhadap pembelajran dengan Coperative Learning dan Mind Map ternyata dapat meningkat, yang ditandai dengan peningkatan peserta didik yang tertarik pada setiap siklusnya. Siklus I ( 80%) siklus II ( 85,7%) Siklus III ( 91,4 %).      
B.   Saran
Dari hasil penelitian yang diperoleh dari uraian sebelumnya agar proses belajar mengajar Bahasa Inggris lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi peserta didik, maka disampaikan saran sebagai berikut :
1.        Untuk melaksanakan metode pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topic yang benar-benar bisa diterapkan dengan pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.
2.       Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didik, guru hendaknya lebih sering melatih peserta didik dengan berbagai metode pengajaran yang sesuai, walau dalam taraf yang sederhana. Dimana peserta didik nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan ketrampilan, sehingga peserta didik berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
3.        Perlu adanya penelitian lebih lanjut, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di SMA N 1 Sambit tahun pelajaran 2013/2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar