BAB
V
SIMPULAN
DAN SARAN
A.
Simpulan
Dari hasil kegiatan pembelajaran
yang telah dilakukan selama tiga siklus dan berdasarkan seluruh pembahasan
serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Pembelajaran
dengan metode Cooperative Learning dan Mind Map dapat meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam menulis text descriptive. Hal ini ditandai dengan
peningkatan nilai rata – rata peserta didik dalam setiap siklusnya yaitu siklus 1 sebesar %
siklus 2 % siklus 3 %. Selain itu pembelajaran dengan Cooperative Learning dan
Mind Map dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa peserta didik terutama
writing yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar mereka dalam setiap
siklusnya yaitu siklus I sebesar %,
siklus II %, siklus III %
2.
Penerapan
pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map dapat meningkatkan aktivitas
dan kreatifitas belajar peserta didik untuk menulis, dimana hal tersebut
ditunjukkan dengan rata-rata sikap peserta didik yang mendapatkan kategori A
lebih banyak dibanding kategori B. yang menyatakan bahwa mereka tertarik dan
berminat dengan pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map, sehingga
mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
3. Pengelolaan pembelajaran dikatakan efektif jika nilai
rata rata dari hasil pengamatan semua aspek pada setiap siklusnya minimal
mencapai kriteria baik ( > 3,5 ) dan nilai rata rata hasil pengamatan
mengalami kenaikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I ( 3,57 )
siklus II ( 3,79 ) dan siklus III ( 3,86 )
4.
Ketertarikan
peserta didik terhadap pembelajran dengan Coperative Learning dan Mind Map
ternyata dapat meningkat, yang ditandai dengan peningkatan peserta didik yang
tertarik pada setiap siklusnya. Siklus I ( 80%) siklus II ( 85,7%) Siklus III (
91,4 %).
B. Saran
Dari hasil penelitian yang
diperoleh dari uraian sebelumnya agar proses belajar mengajar Bahasa Inggris
lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi peserta didik, maka
disampaikan saran sebagai berikut :
1. Untuk melaksanakan metode pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map memerlukan
persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih
topic yang benar-benar bisa diterapkan dengan pembelajaran dengan Coperative Learning dan Mind Map
dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.
2.
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didik,
guru hendaknya lebih sering melatih peserta didik dengan berbagai metode
pengajaran yang sesuai, walau dalam taraf yang sederhana. Dimana peserta didik
nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan ketrampilan,
sehingga peserta didik berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi.
3.
Perlu adanya penelitian lebih lanjut, karena hasil
penelitian ini hanya dilakukan di SMA N 1 Sambit tahun pelajaran 2013/2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar